Mental Block, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Pernahkah mendengar istilah Mental Block? Tak hanya ada di lingkungan pekerjaan, mental block juga sebenarnya ada di kehidupan sehari – hari. Jika berlarut dalam waktu yang lama, kondisi mental block dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Selain kehidupan pribadi, kondisi gangguan psikologis ini juga memengaruhi hubungan Anda dengan rekan kerja. 

Mental block adalah suatu kondisi dimana otak melakukan penolakan terhadap pikiran tertentu dan kita tidak bisa mengendalikannya. Kondisi yang berkaitan dengan mental ini, membuat Anda tidak bisa berpikir dengan baik seperti biasanya. Ketika ini terjadi, otak akan memberikan respons yang kurang baik. 

Namun, apa penyebab dari mental block? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Mental Block

Saat mengalami mental block, Anda akan tidak mampu untuk mengolah informasi dan berpikir secara jernih. Penyebabnya pun bisa terdengar sederhana, seperti kurangnya istirahat (tidur) yang cukup, kekurangan B12, dan penyebab lainnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai penyebab mental block. 

  1. Kelelahan Mental 

Terlalu banyak membuat keputusan dalam waktu singkat, merupakan hal yang melelahkan dan menyebabkan terjadinya mental block. 

  1. Pesimisme 

Pandangan yang negatif dan tidak termotivasi untuk sukses menjadi penyebab mental block terjadi. 

  1. Kurang Istirahat (tidur) 

Berkurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan salah satu faktor terjadinya mental block, karena pada saat istirahat, seluruh tubuh termasuk otak mengistirahatkan bebannya. 

  1. Perfeksionisme 

Keinginan untuk selalu sempurna dalam hal apapun, dapat menyebabkan terjadinya rasa keraguan dalam diri, penundaan, dan juga mental block.

Cara Mengatasi Mental Block 

Berbagai gangguan psikologis ataupun fisik, dapat teratasi dengan berbagai solusinya. Begitu pun dengan mental block, terdapat solusi atau cara untuk mengatasi ketika Anda mengalaminya. Berikut ulasannya. 

  1. Terapkan Gaya Hidup Sehat 

Mengonsumsi makanan yang bergizi dan olahraga yang cukup serta rutin membuat gaya hidup Anda lebih sehat dan terkendali. Ketika gaya hidup secara fisik telah dipenuhi dan sesuai anjuran, maka pikiran serta mental pun akan terkendali, sesuai pola atau gaya hidup yang kita terapkan. 

  1. Menulis Bebas 

Ketika pikiran merasa penuh dan jenuh, Anda dapat menuangkan dalam bentuk tulisan. Teknik ini memiliki istilah freewriting. Anda dapat menuliskan berbagai macam hal yang ada dalam pikiran, baik yang berkaitan, maupun yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. 

  1. Berdamai dengan Masa Lalu 

Kenangan buruk atau trauma dapat menimbulkan berbagai perasaan dan pikiran negatif. Setiap perbuatan buruk di masa lalu, tentu kita tidak ingin terulang dan mengingat kembali. Namun, disisi lain, cobalah untuk membuka diri serta memaafkan apapun yang buruk. Mulai hari baru dengan pikiran yang positif untuk masa depan. 

Kawantara, kondisi mental block dapat dialami oleh siapa saja. Bila Kawantara merasa pikiran sedang tidak baik – baik saja, ambil jalan lain untuk melakukan hal – hal yang menyenangkan, seperti merencanakan masa depan dan mengerjakan pekerjaan yang disukai. 

Mental block sangat memberikan pengaruh pada sebuah kreativitas. Oleh karena itu, jika Anda mengalami mental block, segera tenangkan pikiran dan ambil langkah untuk mengatasinya, bantuan ahli seperti psikolog juga dapat diperlukan ketika kondisi yang tak lagi mendukung. 

Sumber: 

Jangan Biarkan Mental Block Mengganggu, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya 

https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/mental-block/

Mengenal Mental Block yang Dapat Menghambat Kesuksesan, Ketahui Cara Mengatasinya 

https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-mental-block-yang-dapat-menghambat-kesuksesan-ketahui-cara-mengatasinya-kln.html

Apa itu Mental Block? Ini Pengertian dan Cara Mengatasinya

https://blog.amartha.com/apa-itu-mental-block-ini-pengertian-dan-cara-mengatasinya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *