Ketahui Cara Kerja dan Bahaya dari VPN 

Bagi pengguna internet atau orang yang bergelut di bidang teknologi informasi, rasanya istilah VPN tidak asing. Beberapa situs atau website dapat mudah kita akses apabila menggunakan jaringan VPN ini. Meski mendapat kemudahan akses, penggunaan VPN ini juga bisa membahayakan. 

Layanan koneksi ini ada yang berbayar dan bebas biaya. Baik berbayar maupun bebas biaya (gratis) tingkat keamanan belum tentu terjamin. Banyak orang menggunakan VPN dengan alasan memiliki jaringan yang baik dan stabil dibandingkan cellular biasa. Meski begitu, sebaiknya kita harus tetap waspada, karena data – data kita akan dengan mudah didapatkan orang lain. Lantas, seperti apa VPN itu? Dan bagaimana cara kerja serta bahayanya? 

Virtual Private Network (VPN) 

Layanan server yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui jaringan lain. VPN juga dapat dikatakan cara untuk kembali mendapatkan akses ke berbagai situs internet yang diblokir.

Cara Kerja Virtual Private Network (VPN) 

Ketika menggunakan jaringan VPN, server akan melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik membacanya. Kemudian, ketika terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN, server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi kita ke situs yang ingin diakses. 

Jadi koneksi yang kita lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu. 

Ketika menggunakan jaringan tanpa VPN,  maka koneksi yang dilakukan secara langsung tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Apa Bahayanya? 

Profilling Data Pengguna

Tahukah Anda tentang profilling? Profilling merupakan aktivitas yang bisa memantau pengguna internet, sehingga pihak ketiga dapat menyusun peta kebiasaan profil Anda untuk melakukan tindakan penyalahgunaan. 

Pencurian Data Pribadi 

Bahaya menggunakan VPN selanjutnya adalah data – data pribadi Anda dapat direkam oleh penyedia layanan VPN setiap kali ada aktivitas. Banyak penyedia VPN tidak bertanggung jawab yang bisa membahayakan semua data – data pribadi Anda. Kemungkinan terburuk, data – data tersebut dapat dijual, dibajak, atau dimanfaatkan untuk kejahatan.

Adanya Serangan Iklan 

Bagi Anda yang sering menggunakan VPN, tentunya akan sering menemukan berbagai macam jenis iklan yang bertebaran di ponsel. Anda perlu waspada, karena iklan tersebut dapat mengarahkan untuk masuk dan klik pada situs – situs berbahaya yang berpotensi terhadap pencurian data. 

Kawantara, sekarang sudah tahu ya mengenai VPN, cara kerja, serta bahayanya, di era seperti saat ini, keamanan data bersifat digital sangatlah penting. Tak hanya menjaga data – data pribadi yang terhubung dengan finansial, tetapi juga data pribadi yang seharusnya tidak diketahui orang lain. 

Sumber: 

5 Bahaya Menggunakan VPN yang Perlu Diwaspadai

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220323093844-190-775002/5-bahaya-menggunakan-vpn-yang-perlu-diwaspadai

Cara kerja VPN dan Risiko Menggunakannya

https://tekno.sindonews.com/read/701613/207/cara-kerja-vpn-dan-risiko-menggunakannya-1646237021?showpage=all

Bahaya Pakai VPN Gratis 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *