Work Life Balance Berhasil, Ini Tandanya

Kalau Kawantara masih sering menanyakan pertanyaan tersebut pada diri sendiri. Rasa – rasa seperti itu, kita kenal dengan istilah Work Life Balance, yang artinya kondisi seimbang antara pekerjaan, urusan pribadi, dan keluarga. Untuk mencapai work life balance berhasil, tidaklah mudah bagi setiap orang. 

Terlebih lagi jika terjadi peningkatan karir atau jabatan, bahkan tanggung jawab yang mengakibatkan bertambahnya pekerjaan. Dengan kondisi tersebut, seseorang sering merasa bingung dalam menentukan prioritas, dan mencari cara bagaimana agar semuanya bisa tertangani. Beban kerja dan time management menjadi penyebab baik buruknya kondisi work life balance. 

Terlepas dari itu, terdapat beberapa tanda yang menandakan work life balance Kawantara telah berhasil. Berikut tanda – tanda work life balance telah tercapai: 

Mampu Menyelesaikan Target Pekerjaan 

Pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan deadline dan mampu mencapainya tanpa mengabaikan waktu untuk keluarga, teman, dan diri sendiri. Ketika target telah dicapai, dan pekerjaan lainnya diselesaikan dengan tepat waktu, otomatis urusan diluar pekerjaan seperti keluarga, teman, dan diri sendiri bisa Kawantara penuhi nih, hitung – hitung refreshing

Urusan Keluarga dan Pribadi Dapat Terpenuhi 

Kawantara bisa meluangkan waktu sejenak untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga tanpa mengabaikan pekerjaan. Jadi, semua bisa mendapatkan perhatian dan penyelesaian sesuai dengan porsinya. Time management menjadi hal penting. Mengingat, waktu adalah segalanya dalam urusan apapun, baik keluarga, diri sendiri, maupun teman. 

Tidak Sering Bekerja Lembur

Ketika Kawantara jarang bekerja dalam waktu lebih dari 8 jam kerja, Kawantara telah dianggap baik dalam mengatur waktu. Tak selamanya salah jika di kantor lebih lama, misalnya hanya beberapa menit. Tetapi, secara tidak langsung bisa mengeluarkan energi Kawantara dan menjadi kebiasaan yang kurang baik.

Memiliki Waktu di Aktivitas Lain 

Tak hanya urusan keluarga dan teman, ketika Kawantara sudah bisa punya waktu di aktivitas lain seperti olahraga dan melakukan kegiatan yang disenangi, itu artinya work life balance Kawantara telah tercapai, tanpa mencemaskan urusan pekerjaan. Dan jangan lupa juga untuk sisihkan waktu beristirahat ya! 

Punya Waktu Cukup untuk Beristirahat

Kalau hanya urusan pribadi dan pekerjaan yang seimbang, tetapi waktu istirahat Kawantara belum ada, itu belum dikatakan work life balance, nih. Karena, dalam menyelesaikan urusan pribadi dan pekerjaan, cukup menguras energi, belum lagi jikalau energi yang kita keluarkan  lebih banyak dibandingkan dengan mencharge energi tersebut, work life balance Kawantara belum berhasil. 

Keterampilan dan kerja keras dapat dikatakan sebagai dua kunci juga untuk mencapai kesuksesan. Namun, terlalu banyak bekerja dan tidak memperbaiki work life balance juga nggak sehat lho Kawantara, karena tidak seimbang bagi pikiran, tubuh, dan juga  kehidupan sosial kita. 

Jadi, dari tanda – tanda yang telah kita bahas. Kawantara sudah merasakannya belum? Selain diantara beberapa tanda di atas, ketika Kawantara bisa memanage waktu istirahat dan bekerja secara baik serta mendapat waktu istirahat yang cukup, Kawantara telah berhasil mencapai work life balance. 

Semoga work life balance Kawantara selalu tercapai ya!

Baca juga Waspada Mental Block, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Sumber: 

4 Tanda Kamu Sudah Berhasil Mencapai Work Life Balance, Memenuhi Salah Satunya?

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/03/21/083327/4-tanda-kamu-sudah-berhasil-mencapai-work-life-balance-memenuhi-salah-satunya

Ciri – ciri Kamu Sudah Miliki Work Life Balance, Salah Satunya Nggak Pusing Lembur! 

https://www.beautynesia.id/life/3-ciri-ciri-kamu-sudah-miliki-work-life-balance-salah-satunya-nggak-pusing-lembur/b-265381

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *