Kekerasan dan Pelecehan Seksual. Apa Bedanya?

Bagi sebagian orang, kekerasan dan pelecehan seksual terdengar sama, padahal ternyata berbeda, lho! Kekerasan seksual memiliki pengertian dan cangkupan yang lebih luas dibandingkan pelecehan seksual. Selain itu, keduanya memiliki bentuk dan tindakan yang berbeda juga. 

Demi menciptakan lingkungan yang aman, sudah saatnya kita sadar akan pentingnya edukasi kekerasan maupun pelecehan seksual di sekitar. Dengan begitu, Wantara dapat mengantisipasi dan waspada ketika mendapatkan tindakan yang tidak menyenangkan. 

Lalu, apa saja perbedaan antara kekerasan dan pelecehan seksual?

Definisi 

Pelecehan seksual mencakup perilaku seperti rayuan seksual, meminta penukaran sesuatu dengan aktivitas seksual, dan perilaku seksual lainnya yang tidak diinginkan. Sedangkan, kekerasan seksual artinya perlakuan kearah seksualitas secara fisik tanpa persetujuan dari orang lain. 

Jenis Tindakan

Tindakan yang termasuk dalam pelecehan seksual diantaranya adalah komentar atau suara seksual, mengirim email atau teks dengan konten seksual, dan kontak fisik yang tidak diinginkan korban. Sedangkan kekerasan seksual bentuk tindakannya adalah pemerkosaan hingga perdagangan manusia dengan tujuan transaksi seksual. 

Dampak yang Terjadi 

Bagi seseorang yang mengalami kekerasan seksual, dampak yang terjadi adalah kehamilan yang tidak diinginkan hingga tertular penyakit seksual seperti HIV. Sedangkan dampak bagi korban yang mengalami tindakan pelecehan seksual lebih mengarah ke psikologis, mulai dari turunnya kinerja pekerjaan hingga memutuskan untuk keluar dari tempat kerja dan/atau sekolah. 

Setelah membaca dan mengenal perbedaan – perbedaan tersebut dari sisi definisi hingga dampak yang terjadi, semoga Wantara dapat lebih waspada dan peduli dengan diri sendiri agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. 

Meskipun pada realitasnya sering terjadi pada wanita, namun pelecehan dan kekerasan seksual bisa terjadi siapa saja, termasuk laki-laki. Korbannya pun bisa jadi lawan jenis atau pun berjenis kelamin yang sama. 

Wantara, yuk saatnya sama-sama tingkatkan kesadaran serta rasa peduli terhadap kekerasan dan pelecehan seksual demi lingkungan lingkungan yang lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *