Etika Kerja Meningkatkan Karir, Sudah Diterapkan?

Di manapun Kawantara berada, etika adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan, termasuk tempat kerja. Penerapan etika di tempat kerja dapat melatih diri untuk bersikap dan mempengaruhi citranya. Semakin etika berkualitas, maka akan semakin meningkat pula peluang untuk dipercaya orang lain. 

Menjadikan aturan sebagai pedoman dalam bekerja ini penting untuk diterapkan agar memberikan kesan positif dan menjaga nama baik perusahaan. Lebih dari itu, manfaat lain dari menerapkan etika di kantor adalah mampu meningkatkan karir. Kami Melansir beberapa sumber, ada beberapa etika yang harus diterapkan di tempat kerja, diantaranya. 

Memperhatikan Penampilan 

Sebelumnya, Kawantara harus mengenali terlebih dahulu karakteristik dari tempat kerja. Jika tempat bekerja merupakan perusahaan formal, maka sebaiknya pakaian yang digunakan juga bersifat formal, seperti celana bahan, kemeja, blazer, jas, dan sebagainya. Hindari penggunaan kaos atau jeans karena itu adalah etika yang dapat membuat penilaian diri menjadi kurang baik. 

Saling Menghargai & Memberi Rasa Hormat 

Ketika kita mendapat rasa hormat dari orang lain, akan membuat kita masa ‘lebih utuh’ karena menyadari dan menginginkan kehadiran kita. Kawantara tidak harus mempedulikan posisinya apa, semua orang perlu saling menghormati dan menghargai. Rasa saling menghargai dan menghormati membuat seseorang memberikan kinerja yang terbaik dari sebelumnya.

Bertanggung Jawab 

Salah satu contoh dari bertanggung jawab adalah mengerjakan pekerjaan dengan maksimal. Selain itu, fokus dan lakukan dengan segera hasil diskusi setelah rapat.  Bertanggung jawab merupakan sikap positif dan patut Kawantara terapkan bila ingin karir meningkat. 

Jaga Kerapian 

Selain memperhatikan kerapian pakaian, Kawantara juga harus memperhatikan kerapian diri dari ruang personal, seperti meja kerja. Jangan biarkan meja kerja tidak rapi, selain etika, kerja juga menjadi nyaman jika meja kerjaku rapi. 

Tepat Waktu

Ketika kita memasuki tempat kerja tepat waktu, pekerjaan yang dibebankan pun jadi selesai tepat waktu. Oleh karena itu, selalu rencanakan waktu keberangkatan lebih awal untuk menghindari hal tidak terduga, salah satunya macet.

Memiliki etika – etika tersebut, hanya sebagian kecil untuk menggapai karir yang cemerlang. Kita harus melakukan yang terbaik di setiap pekerjaan yang dijalani, mulai dari mengasah keahlian hingga menambah wawasan kerja. 

Yuk terapkan etika kerja dengan baik, agar citra Kawantara juga tetap baik. 

Baca juga blog lainnya di sini

Sumber: 

https://glints.com/id/lowongan/etika-di-tempat-kerja/#.Y5gwdnZBzEY

https://campuspedia.id/news/tingkatkan-jenjang-karir-dengan-etika-kerja/

https://myrobin.id/untuk-pekerja/etika-kerja

https://www.cermati.com/artikel/6-etika-di-kantor-ini-dijamin-bikin-karir-meningkat-y

https://www.studilmu.com/blogs/details/5-cara-meningkatkan-etika-kerja-di-perusahaan-indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.