Dua Anak Muda Ini Sukses Bikin Apps untuk Penghuni Apartemen, Begini Kecanggihan Fiturnya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dua anak muda, Arif Susilo dan Syamsul Muttaqin berhasil membuat aplikasi untuk para penghuni apartemen dan perumahan cluster yang membantu memudahkan mereka mengurus berbagai hal berkaitan dengan kebutuhan dan kewajiban tinggal di hunian high rise.

Aplikasi yang diberi nama ManyOption ini lahir dari hasil riset lapangan keduanya selama beberapa bulan.

Dari riset tersebut didapati banyak penghuni apartemen dan hunian cluster yang mengalami keribetan dalam mengurus berbagai hal dan harus dilakukan secara manual.

Misalnya, urusan pembayaran Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), pembelian token listrik yang tidak tersedia 24 jam dalam seminggu, kiriman paket yang menumpuk di front office dan sebagainya.

Dari temuan-temuan tersebut, Arif Susilo dan Syamsul Muttaqin kemudian menemukan ide untuk membuat sebuah platform yang dapat menghubungkan semua stakeholder yang ada di lingkungan hunian vertical dan cluster landed house.

Potensi pasar yang bisa dibidik aplikasi ManyOption ini diyakini sangat besar.

“Berdasar data yang kami peroleh jumlah penghuni apartemen dan rumah tapak di kota besar dan kota-kota pendukungnya berkisar 25 juta pengguna di kota-kota besar dan market yang akan bertumbuh hingga 127 juta pengguna di kota-kota yang masih bertumbuh,” ujar Arif Susilo yang menjadi Chief Executive Office ManyOption, Rabu, 11 Maret 2020.

Ide ini mendapat dukungan dari sebuah perusahaan software development Nusatek.id.

Arif dan Syamsul kemudian menyiapkan aplikasi ManyOption dan kini menjadi perusahaan rintisan atau startup dan kemudian resmi diluncurkan di platform Play Store dan App Store pada Maret 2019.

Aplikasi ini menurut keduanya, sudah digunakan beroperasi di beberapa tower apartemen di Jakarta dan Bandung sejak April 2019.

“ManyOption ini merupakan aplikasi smart living yang ditujukan kepada penghuni dan pengelola apartemen dan landed housing complex yang berorientasi pada layanan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, baik penghuni, pengelola maupun merchants dan partner properti tersebut,” ujar Arif.

ManyOption kemudian mencoba bergerak cepat menggarap pasar. Hingga awal 2020 ini ManyOption telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 33 properti di Jakarta dan Bandung.

Arif menjelaskan, untuk penghuni yang ingin menggunakan ManyOption, harus memastikan pengelola huniannya sudah bekerjasama dengan ManyOption.

Selanjutnya penghuni tinggal mengikuti langkah pendaftaran di aplikasi ManyOption yang setelah mengunduhnya dari Play Store dan App Store.

Pihaknya berupaya meraih kerjasama dengan lebih banyak lagi developer atau building management yang usulan kerajsama bisa diakses melalui website www.manyoption.co.id dengan live chat.

Syamsul Muttaqin yang menjadi Chief Technology Officer ManyOption mengungkapkan, secara umum fitur-fitur ManyOption terdiri dari kategori community services dan commercial services.

Saat ini ManyOption mampu menghandle billing system yang cukup bervarisi pada pembayaran Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), pembelian token listrik secara online bagi apartemen yang menjual token listrik di propertinya, termasuk pembelian ataupun penyewaan berbagai jasa penunjang lainnya seperti laundry, air minum, makanan, hingga jasa baby sitter dan beragam jasa professional lainnya.

“Fasilitas umum seperti kolam renang, tennis court, gym dan lain sebagainya juga dapat direservasi melalui ManyOption,” ujar Syamsul.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dua Anak Muda Ini Sukses Bikin Apps untuk Penghuni Apartemen, Begini Kecanggihan Fiturnya, https://www.tribunnews.com/techno/2020/03/12/dua-anak-muda-ini-sukses-bikin-apps-untuk-penghuni-apartemen-begini-kecanggihan-fiturnya?page=all.

Editor: Choirul Arifin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *