Liputan6.com, Jakarta – Tinggal di apartemen di pusat kota kini telah menjadi pilihan dan kebutuhan hidup utama bagi sebagian warga perkotaan dan kota-kota pendukung metropolitan city.
Kedekatan jarak dengan kantor, tersedianya fasilitas ekonomi, sosial dan hiburan yang lengkap yang menunjang lifestyle, serta lingkungan yang relatif terjamin keamanannya dan privasinya menjadi faktor yang membuat semakin banyak orang beralih tinggal di hunian vertikal tersebut.
Meskipun telah dilengkapi dengan berbagai kemudahan dan manfaat, tapi para penghuninya kerap direpotkan dengan berbagai keperluan rutin yang sering kali masih harus dilakukan secara manual, seperti pembayaran Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), pembelian token listrik yang tidak tersedia 24 jam dalam seminggu.
Belum lagi berbagai persoalan lainnya seperti masalah paket kiriman menumpuk di front ,office dan tidak jarang berakhir menjadi tidak terantar. Persoalan yang sama juga kerap menjadi masalah di komunitas hunian cluster landed house alias rumah tapak. Melihat dan mengalami berbagai persoalan tersebut membuat Arif Susilo dan Syamsul Muttaqin pun tergerak untuk menemukan solusinya.
Setelah menggelar riset di lapangan selama beberapa bulan, mereka pun merumuskan gagasan untuk membuat sebuah platform yang dapat menghubungkan semua stakeholder yang ada di lingkungan hunian vertical dan cluster landed house tersebut. Potensi pasar yang disasar ManyOption pun sangat besar.
“Dari data yang kami peroleh jumlah penghuni apartemen dan rumah tapak di kota besar dan kota-kota pendukungnya berkisar 25 juta pengguna di kota-kota besar dan market yang akan bertumbuh hingga 127 juta pengguna di kota-kota yang masih bertumbuh,” papar Arif Susilo, Chief Executive Office ManyOption.
Lalu, bersama dengan sebuah perusahaan software development Nusatek.id Arif dan Syamsul mempersiapkan sebuah aplikasi bernama ManyOption yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan rintisan atau startup ManyOption. Hingga akhirnya ManyOption resmi meluncur di platform Play Store dan App Store pada Maret 2019 dan mulai beroperasi di beberapa partner apartemen di Jakarta dan Bandung pada April 2019.
“ManyOption ini merupakan aplikasi smart living yang ditujukan kepada penghuni dan pengelola apartemen dan landed housing complex yang berorientasi pada layanan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya, baik penghuni, pengelola maupun merchants dan partner properti tersebut,” terang Arif.
ManyOption pun bergerak cepat dalam menggarap pasar. Tercatat, pada awal tahun 2020 ini ManyOption telah mengantongi kerjasama dengan lebih dari 33 properti yang ada di Jakarta dan Bandung. “Ini membuat kami semakin bersemangat,” sambung Arif.
Arif pun mengungkapkan cara menggunakan ManyOption bagi penghuni maupun pengelola gedung. Untuk penghuni yang ingin menggunakan ManyOption, pertama-tama pastikan apartemen atau housing complex telah bekerjasama dengan ManyOption, selanjutnya penghuni tinggal mengikuti langkah pendaftaran di aplikasi ManyOption yang setelah mengunduhnya dari Play Store dan App Store.
“Sementara untuk pihak Developer atau Building Management dapat dengan mudah menghubungi kami melalui website www.manyoption.co.id yang telah tersedia live chat di dalam situs, dan selanjutnya kami akan segera menghubungi Anda. Selanjutnya dilakukan proses implementation hingga on-board ke dalam sistem ManyOption,” tutur Arif.
Chief Technology Officer ManyOption Syamsul Muttaqin, mengungkapkan, secara umum fitur-fitur ManyOption dibagi menjadi dua. Pertama, kategori community services atau layanan-layanan kepada komunitas dan interaksi antara penghuni dan building management maupun developer.
Kedua, kategori commercial services atau penghubung antara penghuni dengan merchants maupun partner ManyOption yang memberi banyak layanan dan kemudahan, juga promo.
Saat ini ManyOption mampu menghandle billing system yang cukup bervarisi pada pembayaran Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), pembelian token listrik secara online bagi apartemen yang menjual token listrik di propertinya, termasuk pembelian ataupun penyewaan berbagai jasa penunjang lainnya seperti laundry, air minum, makanan, hingga jasa baby sitter dan beragam jasa professional lainnya.
“Fasilitas umum seperti kolam renang, tennis court, gym dan lain sebagainya juga dapat direservasi melalui ManyOption,” urai Syamsul. Dalam melayani banyaknya penghuni yang melakukan pembelian secara online di online store, ManyOption pun membantu pengelola gedung dalam melakukan notifikasi kepada penghuni apabila barang yang dibeli oleh penghuni telah sampai di properti mereka secara spesifik.
“Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur dalam ManyOption yang bertujuan memudahkan para penghuni maupun pengelola apartemen ataupun rumah tapak,” ungkap Arif.
Di sisi lain, ManyOption pun memberikan beragam fitur yang memudahkan para pengelola gedung dan rumah tapak dalam mengelola huniannya. Antara lain adanya aplikasi meter checker yang diperuntukkan untuk pengecekan air dan listrik di setiap property. Dengan demikian engineering team dari pihak Developer dan Building Management sangat dimudahkan karena pengecekan air dan listrik sangat cepat dan minim kesalahan input dengan aplikasi QR pada tiap-tiap meter.
Dengan berbagai keunggulannya saat ini tak mengherankan meski usianya baru seumur jagung, namun aplikasi ManyOption telah didownload oleh ribuan user di berbagai property di Jakarta dan Bandung.
“Total keseluruhan 33 apartemen yang telah resmi bergabung bersama ManyOption baik di Jabodetabek dan Bandung, dan akan segera berekspansi ke daerah lain. Sejumlah apartemen lainnya pun saat ini sedang dalam proses onboard ke dalam system ManyOption,” terang Arif.
Tidak hanya itu, ManyOption juga mengembangkan kerjasama dengan merchant-merchant dan pihak ketiga yang mendukung visi dan misi ManyOption sesuai dengan konsep bisnis ManyOption B2B2C.
Kedepannya, ManyOption akan menjadi aplikasi yang dapat digunakan oleh public sehingga target user akan semakin meluas, tidak hanya dikhususkan untuk penghuni apartemen dan landed housing complex.
Berbagai pihak yang telah menggunakan aplikasi ManyOption pun mengaku memiliki pengalaman yang memuaskan. Di antaranya Mersis Barasina Parhusip, warga apartemen Landmark Residence, Bandung. Mersis mengaku mengetahui aplikasi ManyOption dari banner ketika dirinya keluar dari lift apartemennya.
“Dari situ lalu saya download. Setelah saya lihat dan coba ternyata aplikasi ini bagus banget. Selain memudahkan saya untuk bayar IPL dan tagihan listrik, saya juga bisa reservasi ruangan dengan mudah.” urai Mersis. Penghuni Landmark lainnya, Tinny Ismael, pun memberikan opini serupa dan merasa terbantu dengan kehadiran ManyOption.
“Saya pernah berkunjung ke stand ManyOption saat event. Setelah saya download, saya pikir aplikasi ini banyak banget manfaatnya. Fitur yang paling sering saya gunakan adalah reservasi fasilitas. Saya merasa sangat terbantu dan nggak perlu repot saat di kantor cukup dari handphone sudah terbantu deh kebutuhan saya, ” papar Tinny.
Senada dengan warganya, pihak pengelola apartemen Landmark Residence pun mengaku puas bekerja sama dengan ManyOption. Sadasa Prakosa, Property Manager apartemen Landmark Residence mengatakan, kehadiran ManyOption sangat tepat dengan Landmark Residence, yang ingin menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi penghuni. Sehingga dalam hal ini ManyOption memberikan dukungan terbaik seperti dengan adanya sistem pembayaran IPL, pembelian token, reservasi fasilitas dan lain-lain.
“Kami berharap semua pelayanan dapat digunakan oleh penghuni Landmark di ManyOption sehingga memudahkan dalam mengurus keperluan sehari-hari. Semoga dengan langkah positif ini kita bisa kerjasama dengan lebih baik lagi,” pungkas Sadasa.